Sunday, March 22, 2015

Harga Jual COD Dan BOD Meter Di surabaya - Bekasi - Jakarta - Bandung

 Harga Jual COD Dan BOD Meter Di surabaya - Bekasi - Jakarta - Bandung

Harga Jual COD Dan BOD Meter Di surabaya - Bekasi - Jakarta - Bandung

Harga Jual COD Dan BOD Meter Di surabaya - Bekasi - Jakarta - Bandung

PARAMETER KUALITAS AIR DALAM PROSES PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK
    Limbah domestik memiliki kontribusi yang besar terhadap pencemaran badan air, hal ini karena masih sedikitnya pengolahan limbah cair domestik. Salah satunya adalah kotoran manusia, (human feces) yang masuk kedalam jenis pathogenic pollutant dan juga urin. Kedua jenis kotoran manusia ini sebagian besar berupa air, terdiri dari zat-zat organik (sekitar 20% untuk tinja dan 2,5% untuk air seni), serta zat-zat anorganik seperti nitrogen, asam fosfat, sulfur, dan sebagainya. Jenis limbah domestik yang lain adalah limbah domestik anorganik yang diakibatkan oleh plastik serta penggunaan deterjen, shampoo, cairan pemutih, pewangi dan bahan kimia lainnya. Limbah domestik jenis ini relatif lebih sulit untuk dihancurkan. Limbah cair ini disebut black water dan limbah cair dari mandi-cuci yang disebut grey water. Black water oleh sebagian penduduk dibuang melalui septic tank, namun sebagian dibuang langsung ke sungai.    
    Pada pengelolaan air limbah, proses pengolahan secara anaerobik telah diterapkan sejak lama. Keuntungan utamanya adalah, proses anaerobik dapat memproduksi biogas dan menghasilkan produksi lumpur yang lebih kecil, dibandingkan dengan proses aerobik. Dengan beban COD dan BOD yang tinggi, pengolahan anaerob dapat dianggap sebagai alternatif teknologi sederhana dan ekonomi.
    Menurut Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 112 Tahun 2003, parameter dominan yang ada pada limbah domestik antara lain adalah BOD, TSS pH, minyak dan lemak. Pada penelitian ini dipilih parameter BOD, COD, TSS dan nitrat. Pemilihan parameter didasarkan pada parameter yang dominan pada air limbah domestik. COD memiliki hubungan dengan BOD, bahwa nilai BOD merupakan bagian dari COD. Nilai BOD ultimate selalu lebih kecil dari nilai COD. Nilai BOD dan COD yang terkandung dalam air limbah domestik merupakan parameter yang penting untuk proses denitrifikasi yang diperlukan sebagai donor elektron untuk NO3-N. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam penyisihan BOD,  COD,  dan, NO3-N pada pengolahan limbah cair memiliki hubungan yang berbanding lurus, sedangkan TSS yang merupakan partikel tersuspensi pada air limbah mengandung hampir 70% dari total COD. Keempat parameter jika tidak diolah dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Untuk info dan pemesanan hubungi :

022-7239019
0821 4000 2080
0856 2476 9005
0857 2352 9677
0813 2259 9149


Pin BB: 29d2de88
              32dbbfb0


e-Mail:
adywater@gmail.com

Kantor :

Surabaya :

Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo  ( Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo ) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo (Telp : 081330447814 )

Jakarta:

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT: 01 Rw: 08 Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah. Jakarta Barat Kode Pos: 11480

Bandung:
Jalan Mande Raya Bo 26, Cikadut, Cicaheum Kota Bandung

No comments:

Post a Comment